menambah kapasitas upload di owncloud

Assalamualaikum wr.wb
kali ini saya akan share tentang cara menambah kapasitas upload di owncloud untuk tutorial instalasi bisa klik disini
A. Pengertian
CMS adalah aplikasi Web Server yang digunakan untuk membuat ataupun memodifikasi data digital khususnya dalam suatu Web Server dengan menggunakan user interface dan juga manajemen yang simpel untuk memudahkan administrator ketika memanajemen Web Server dan Server yang berkaitan (seperti Database Server) tanpa perlu mempelajari pemahaman mendasar dari pengetahuan mengenai Web Server dan server-server terkait. Jadi semisal apabila administrator ingin memanajemen Web Server atau Database Server, ia tak perlu repot-repot mempelajari pemrograman Web, dan Pemrograman yang digunakan Database Server dari dasar. Cukup memanajemen dari CMS dengan interface GUI yang lebih mudah dikonfigurasi. CMS biasanya biasanya digunakan ketika suatu Web Server memiliki  beberapa administrator. Dalam penerapannya, CMS terbagi menjadi 2 :
  • Aplikasi Manajemen Konten (Content Management Application, CMA)
  • Aplikasi Pengirim Konten (Content Delivery Application, CDA)
Elemen CMA ditujukan pada user atau administrator yang tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML untuk membuatan, mengubahan, atau menghapus isi dari suatu situs web. Sehingga admin atau user tersebut tidak perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. Elemen CDA berfungsi mengolah dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS cukup bervariasi. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan penyimpanan.
Untuk Owncloud sendiri merupakan salah satu client-server software untuk membuat layanan file hosting dan menggunakannnya. Cara fungsionalitas dari OwnCloud cukup mirip dengan Dropbox, yang hanya berbeda pada ketersediaannya yang free dan open-source, serta di sisi lain juga tidak memerlukan biaya tambahan untuk private server. Owncloud juga support ekstensi yang membuatnya bisa bekerja seperti Google Drive, yakni edit dokumen online, kalender, sinkronisasi kontak, dan lain sebagainya. Keterbukaan Owncloud menjadikannya tidak seperti file hosting lainnya yang terpaku pada batas quota ruang penyimpanan dan jumlah user, melainkan terbatas pada ketersediaan kapabilitas dari penyimpanan Server. OwnCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV. 
 
B. Latar Belakang
 
Kebutuhan akan server yang mampu mencukupi banyak kebutuhan kini semakin meningkat, salah satunya adalah Web Server dengan fitur tambahan penyimpanan pada Server, atau bisa disebut sebagai Server File Storage, sehingga user Web Server tidak perlu menyimpan data mereka hanya pada komputer ataupun perangkat lainnya, melainkan pada Web Server yang sudah memiliki fitur penyimpanana tersebut. Web tersebut juga bisa menjadi data backup apabila sewaktu-waktu terjadi kehilangan data pada perangkat fisik yang dimiliki. Untuk itulah Software Owncloud ini diinstall, yakni untuk memanajemen file-file hasil upload dari tiap-tiap Client yang sudah terdaftar dan menyimpannya sesuai masing-masing user. 
 
 C. Maksud dan Tujuan
  1. Instalasi Owncloud pada Web Server.
  2. Konfigurasi dan juga penginstegrasian Owncloud dengan Web Server dan Software pendukung lainnya seperti PHP dan sebagainya.

D. Alat dan bahan
  1. 1 PC Server
  2. 1 Laptop (opsional untuk Admin)
  3. Koneksi jaringan internet (opsional)
E. Tahap dan Langkah Kegiatan

a. Pertama buka ownCloud anda kemudian lakukan upload file dengan ukuran lebih dari 8 Mb.
b. Maka hasilnya akan "Error Uplouding." ini dikarenakan kapasitas upload default dari ownCloud adalah 8 Mb saja.
c. Kemudian buka terminal linux anda dan masuklah sebagai superuser. kemudian ketikkan perintah 
nano /etc/php5/apache2/php.ini
d. Kemudian tekan ctrl+w dan ketikkan post_max_size lalu enter.
e. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini lalu ubah kapasitas uploadnya misalnya 100 GB.
f. Kemudian tekan ctrl+w lalu ketikkan Upload_max_filesize lalu enter.
g. Ubah kapasitas upload max filesize ke satuan mb.
h. Restart apache dengan mengetikan perintah 
service apache2 restart.
i. Kemudian masuk lagi ke ownCloud kita kemudian coba upload file yang tadi.
j. Maka hasilnya berhasil.
F. Kesimpulan
Dalam mengubah kapasitas file upload dengan mengubah di konfigurasi php.ini terkadang tidak sesuai yang kita inginkan. Jadi saya langsung ubah saja di ownCloudnya.
 
 


EmoticonEmoticon