Membuat Simulasi Jaringan Wan Dengan CISCO Paket Tracer

assalamualaikum wr. wb. 
kali ini saya akan share tentang caramembuat simulasi jaringan Wan dengan cisco paket tracer.

A. Pengertian
Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya.




B. Latar Belakang

karena maraknya perkembangan jaringan , maka banyak dari orang - orang yang menggunakan cisco paket traces untuk membuat simulasi jaringan , di dalam paket tracer ini pula terdapat berbagai fitur - fitur untk konfigurasi jaringan, dengan adanya virtualisasi ini pula sangatlah membantu para admin untuk menyeting dan membuat topologi dari jaringan yang akan di buat nya nanti



C. Persiapan Software dan Hardware 
  • pc / laptop dengan sistem    operasi bebas
  • software cisco paket tracer
  • perangkat pc/laptop
  • modul cisco paket tracer



D. Maksud dan Tujuan 
  • dapat mengerti susunan dalam membuat suatu jaringan WAN
  • dapat membua simulasi jaringan Wan
  • dapat memahami cara kerja dalam jaringan Wan



E. Bentuk Topologi


F. Tahapan dan Pelaksanaan

  1. cara konfigurasi jaringan per lab
  2. cara routing static
  3. cara routing dynamic
  4. cara membuat dhcp server dari route
 


 G. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_area_luas
http://www.adalahcara.com/2014/09/macam-pengertian-topologi-jaringan-komputer.html 




H. Hasil dan Kesimpulan 
dengan 4 cara diatas simulasi jaringan Wan sudah dapat di jalankan, untuk melihatnya tiggal klik pada tahapannya, akan langsung masuk ke link yang sudah disediakan, inti dari topology di atas adalah dengan 3 lab yang memiliki jaringan yang berbeda beda tapi tetap dapat berkomunikasi


EmoticonEmoticon